NEPAL UKUR SEMULA GUNUNG EVEREST

KATHMANDU - Pemerintah Nepal akan mengukur kembali ketinggian resmi Gunung Everest. Keputusan ini untuk mengakhiri perdebatan panjang dengan Cina tentang ketinggian puncak gunung tertinggi di dunia itu.

Berdasarkan catatan resmi Pemerintah Nepal, ketinggian Gunung Everest adalah 8.848 meter. Namun, Cina membantah ukuran itu. Gunung Everest melintasi perbatasan Cina dan Nepal.

Cina menyebutkan ketinggian gunung itu harus diukur berdasarkan tingginya batu di puncak gunung. Sedangkan Nepal mengatakan ketinggian itu harus berdasarkan ketinggian salju yang menyelimuti puncaknya, sehingga ukuran bertambah empat meter.

"Kami telah memulai proses pengukuran kembali untuk menjernihkan kebingungan ini. Sekarang kami memiliki teknologi dan sumber daya, kami bisa mengukurnya sendiri," kata juru bicara pemerintah Nepal Gopal Giri, seperti dilansir BBC.

Proses pengukuran gunung ini merupakan yang pertama kali dilakukan Pemerintah Nepal.

Giri mengatakan, petugas akan mendirikan sejumlah pos di beberapa titik lokasi dengan menggunakan sistem global positioning system (GPS). Proses pengukuran puncak Gunung Everest ditargetkan selesai dalam dua tahun.

Ketinggian Gunung Everest memang masih kontroversi. Meskipun ribuan orang pernah mendaki gunung itu, sejak pendakian pertama tahun 1953 oleh Sherpa Tenzing Norgay dan Edmund Hillary, ketinggian gunung selalu diperdebatkan sejak pengukuran pertama tahun 1856.

Ketinggian gunung yang saat ini diterima adalah 8.848 m. Angka itu hasil pengukuran tim dari India tahun 1955.

Tetapi para ahli geologi menyebutkan, perkiraan ketinggian gunung itu bisa saja salah. Mereka mengatakan, gunung itu semakin terdorong tinggi karena India sedikit demi sedikit tertekan turun lebih rendah dari Cina dan Nepal akibat pergeseran lempeng-lempeng benua.

Pada bulan Mei 1999, satu tim dari Amerika Serikat pernah mengukur ketinggian Gunung Everest, dengan menggunakan teknologi GPS. Hasilnya adalah 8.850 m. Hasil itu sampai sekarang digunakan secara resmi oleh US National Geographic Society, walaupun ukuran itu tidak diterima oleh Nepal.(*)http://www.tribunnews.com/2011/07/21...gunung-everest


kongsi artikel ini dengan rakan anda
Share
 


lihat juga:-


Tiada ulasan:

Catat Ulasan

kami di facebook

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...